Pemodelan Dan Optimasi Proses Biofiksasi Karbondioksida Pada Biogas Menggunakan Java Moss (Taxiphyllum Barbieri) Dengan Response Surface Methodology

Authors

  • muhammad adiansyah Universitas Brawijaya
  • Yusuf Hendrawan universitas Brawijaya
  • Sumardi Hadi Sumarlan universitas Brawijaya

Abstract

Perkembangan dunia di sektor ekonomi, sosial, ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut dunia beralih ke sumber energi yang ketersediaannya lebih melimpah dan bersifat terbarukan seperti biogas. Pada proses pembentukan biogas selain CH4 (55-75%) terdapat gas lain yang terbentuk seperti karbondioksida (24-45%). Hal tersebut menyebabkan menurunnya nilai kalor biogas sehingga perlu dilakukan proses penghilangan karbondioksida salah satunya dengan biofiksasi yang umumnya menggunakan mikroalga. Namun mikroalga masih memiliki kelemahan yaitu siklus hidup yang relatif singkat dan memiliki resistensi terhadap karbondioksida relatif rendah. Oleh karena hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pemurnian karbondioksida menggunakan Java Moss (Taxiphyllum barbieri) dan hasil optimasi dari proses biofiksasi tersebut menggunakan dua variabel intensitas cahaya (μmol.m-2.s-1) dan waktu penyinaran (jam/hari) dengan metode Response Surface Methodology (RSM) dengan bantuan perangkat lunak Design Expert 9.0.6.2 trial version. Hasil optimasi menunjukkan nilai intensitas cahaya terbaik adalah 50 μmol.m-2.s-1 sedangkan waktu penyinaran terbaik adalah 15,73 jam/hari dengan prediksi penurunan karbondioksida sebesar 9,898%. Hasil verifikasi menunjukkan penurunan karbondioksida sebesar 9,8% yang memiliki nilai simpangan sebesar 1%.

References

Abdurrachman, O, Mutiara, M, dan Buchori, L. 2013. Pengikatan Karbondioksida dengan Mikroalga (Chlorella vulgaris, Chlamydomonas sp., SPirulina sp.) dalam Upaya untuk Meningkatkan Kemurnian Biogas. Universitas Diponegoro. Semarang.

Campbell, Neil A., Reece, Jane B, dan Mitchell, L.G. 2002. Biologi Edisi Kelima Jilid 1. Erlangga. Jakarta. Hal. 185-196.

Dianursanti. 2012. Pengembangan Sistem Produksi Biomassa Chlorella vulgaris dalam Reaktor Plat Datar melalui Optimasi Pencahayaan Menggunakan Teknik Filtrasi pada Aliran Kultur Media. Disertasi Doktor. Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Depok.

Estiasih, Teti, K. Ahmadi, E. Ginting, dan D. Kuniawati. 2013. Opimasi Rendemen Ekstraksi Lesitin dari Minyak Kedelai Varietas Anjasmoro dengan Water Degumming. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan. Vol. 24, No. 1. Halaman 97-104.

Gaspersz, V. 1992. Analisis Sistem Terapan: Berdasarkan Pendekatan Teknik Industri. Penerbit Tarsito. Bandung.

Glime, JM. 2012. Bryophyte Ecology Volume 1. Michigan Technological University.

Kimmins, J.P. 1987. Forrest Ecology. Macmillan Publishing Company. New York.

Kurniawan, H., dan Gunarto, L.1999. Aspek Industri Sistem Kultivasi Sel Mikroalga Imobil. Journal of Science and Technology. Volume (19):388.

Laluce, C., Tognolli, J.O., Oliveria, K.F.D., Souza, C.S., dan Morais, M.R. 2009. Optimization of Temperature Sugar Concentration and Inoculum Size to Maximize Ethanol Production without Significant Decrease in Yeast Cell Viability. Applied Microbiology and Biotechnology 83: 627-637

Montgomery, D.C. 2001. Design and Analytical of Experiment 5th Edition. John Willey and Sons. New York.

Nadliriyah, Naqiibatin dan Triwikantoro. 2014. Pemurnian Produk Biogas dengan Metode Absorbsi Menggunakan Larutan Ca(OH)2. Institut Teknologi Sepuluh November. Surabaya.

Nurdiansyah, Agil S. 2012. Teknologi Penyerapan Karbondioksida dalam Kandungan Biogas pada Fotobioreaktor dengan Fitoplankton Chlorella sp. Universitas Brawijaya. Malang.

Nuryanti dan Salimy, DH. 2008. Metode Permukaan Respon dan Aplikasinya pada Optimasi Eksperimen Kimia. Pusat Pengembangan Nuklir. Batan.

Ono, E, Cuello, JL. 2004. Design Parameter of Solar Concentrating System for CO2- Mitigating Algal Photobioreactors. Energy Int. J. 29, 1651-1657.

Utomo, Budi. 2007. Fotosintesis pada Tumbuhan. Karya Ilmiah. Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara. Medan.

Widodo, TW, Anna, N, A. Asari, R. Elita., dan U, Astu. 2005. Pengembangan Teknologi Biogas untuk Memenuhi Kebutuhan Energi di Pedesaan.

Yuliandri, F, YD, Utama., dan L. Buchori. 2013. Biofiksasi CO2 oleh Mikroalga Spirulina sp dalam Upaya Pemurnian Biogas. Universitas Diponegoro. Semarang.

Downloads

Published

2019-02-19

Issue

Section

Bahasa Indonesia Articles