Uji Performansi Rancang Bangun Mesin Penanam Benih Jagung (Zea Mays L.) Sistem Tugal

Authors

  • Gunomo Djoyowasito Brawijaya University
  • Sandra Malin Sutan Brawijaya University
  • Yusuf Hendrawan Brawijaya University
  • Miftahul Hilmi Brawijaya University

Abstract

Jagung merupakan salah satu tanaman pangan yang berfungsi sebagai sumber utama karbohidrat, selain gandum dan padi. Beberapa penduduk di Indonesia (misalnya di Pulau Madura) menggunakan jagung sebagai pangan pokok atau makanan sehari- hari. Pada umumnya di Indonesia terdapat lahan pertanian berpetak-petak dan sedikit sekali  yang  memiliki  lahan  yang  luas  milik  pribadi,  sehingga  penanaman  jagung sebagian besar dilakukan secara manual menggunakan tugal. Permasalahan seperti ini yang mendasari pembuatan “Mesin Penanam Benih Jagung (Zea Mays L.) Sistem Tugalâ€. Tujuan  dari  penelitian  ini  untuk  mengetahui  hasil  uji  performansi  yang  meliputi kapasitas lapang efektif (aktual), kapasitas lapang teoritis, slip roda penggerak dan nilai efisiensi lapang dari mesin penanam. Penelitian ini dilakukan di lahan yang terletak di sebelah  Laboratorium Mekatronik  Alat  dan  Mesin  Agroindustri,  FTP-UB.  Pengujian mesin penanam ini dilakukan setelah pembuatan mesin penanam benih selesai pada lahan  yang  berukuran 10  m  x  4,5  m.  Berdasarkan penelitian yang  telah  dilakukan, kapasitas lapang efektif (aktual) adalah 0,23 ha/jam, kapasitas lapang teoritis adalah 0,28 ha/jam. Sedangkan untuk rata-rata slip roda penggerak sebesar 14,62% dan efisiensi lapang dari mesin penanam benih jagung sistem tugal adalah 82%.

References

Amiril, M. 2015. Desain dan Uji Kinerja Unit Aplikator Pupuk Pada Mesin Penanam dan Pemupuk Jagung Terintegrasi. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Butar-butar, I.Y, Lukman, A.H., dan Saipul, B.D. 2015. Efisiensi Lapang dan Biaya Produksi Beberapa Alat Pengolahan Tanah Sawah di Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat. Jurnal Rekayasa Pangan dan Pertanian., Vol.3 No.3 Th.2015.

Ditjen Produksi Tanaman Pangan, 2003. Tersedia di: http://www.deptan.go.id.

Hunt, D.R. 1977. Farm Power and Machinery Management, 7th edition, IOWA State University Press. Ames, Iowa.

Hermawan, W. 2012. Perbaikan Desain Mesin Penanam dan Pemupuk Jagung Bertenaga Traktor Tangan. JTEP Jurnal Keteknikan Pertanian 24(1).

Lijedahl, J. B, Turnquist, P. K dan Holi, M.1989. Tractor and Their Power Units Fourth Edition. New York : AVI Book, Van Nostrand Rienhold.

Suastawa, I. N., Hermawan, W., dan Sembiring, E.N. 2000. Konstruksi dan Pengukuran Kinerja Traktor Pertanian. Teknik Pertanian FATETA IPB. Bogor.

Subandi, Z. 2006. Peningkatan Efisiensi Pupuk N, P, K, dan Produktivitas Jagung pada Lahan Kering Ultisol Kalimantan Selatan. Jurnal Penelitian Pertanian Tanaman Pangan 27(1). Hal: 32-36.

Setyaningrum, R. 2008. Modul Praktikum Analisa dan Perancangan Kerja, Semarang : Fakultas Teknik UDINUS.

Wanders, A.A. 1978. Pengukuran Energi di Dalam Strategi Mekanisasi Pertanian. Departemen Mekanisasi Pertanian FATETA IPB. Bogor.

Downloads

Published

2018-09-04

Issue

Section

Bahasa Indonesia Articles