Pengaruh Pelapisan Lilin Lebah dan Pengemasan Terhadap Karakteristik Buah Mangga Apel (Mangifera indica L.) selama Penyimpanan pada Suhu Ruang

Authors

  • Khotimatus Sa'adah Brawijaya University
  • Bambang Susilo
  • Rini Yulianingsih

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh penggunaan pelapisan lilin lebah dan pengemasan terhadap karakteristik dan masa simpan buah mangga apel pada suhu ruang. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAK) dengan 2 (dua) faktor  dan 3 (tiga) kali pengulangan dan perlakuan dianalisa pada suhu ruang serta pengamatannya dilakuan dengan interval 2 hari sekali. Faktor I adalah konsentrasi lilin lebah (4%, 6%, 8%). Faktor II yaitu Pengemasan (plastik wrap dan kertas koran). Adapun parameter yang diamati meliputi susut bobot, total padatan terlarut, kadar air buah, tekstur, dan organoleptik (warna, aroma, rasa, dan tekstur). Data analisis menggunakan ANNOVA, apabila terdapat perbedaan diuji lanjut dengan BNT selang kepercayaan 5%. Hasil analisa menunjukkan faktor pelapisan lilin dan pengemasan berpengaruh nyata terhadap parameter: susut bobot, total padatan terlarut, kadar air buah, tekstur, dan dan menunjukkan perbedaan pada uji organoleptik (aroma, warna, rasa, dan tekstur), dengan menggunakan metode indeks efektifitas diperoleh perlakuan terbaik dari beberapa kombinasi perlakuan yaitu ada P1L2 (lilin lebah konsentrasi 6% dan pengemasan dengan plastik wrap).

Author Biography

Khotimatus Sa'adah, Brawijaya University

-

References

Elizabeth, A. Baldwin and Robert Hagenmaier. 2012. Edible Coating and Films to Improve Food Quality. CRC Press.United State of America.

Muchtadi, T. dan Sugiono. 2014. Prinsip Proses dan Teknologi Pangan. Alfabeta. Bandung.

Pracaya. 2004. Bertanam Mangga. Edisi Revisi. Penebar Swadaya. Jakarta.

Pradnyawati PN. 2006. Pengaruh Kemasan dan Goncangan Terhadap Mutu Fisik Jambu Biji. Skripsi. Bogor. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Satuhu, S., 1994. Penanganan dan Pengolahan Buah. Penebar Swadaya. Jakarta.

Winarno, F.G. 1984. Kimia Pangan dan Gizi. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Downloads

Published

2015-07-09

Issue

Section

Bahasa Indonesia Articles