Analisis Efisiensi Kinerja pada Aktivitas Pengolahan Tanah Sawah secara Manual dan Mekanis

Nadia Karimah, Wahyu Kristian Sugandi, Ahmad Thoriq, Asep Yusuf

Abstract


Pengolahan tanah merupakan proses terberat dari keseluruhan proses budi daya, dimana lebih dari 1/3 energi  yang digunakan  untuk  seluruh proses budi daya terserap pada kegiatan pengolahan  tanah. Pada proses pengolahan tanah sendiri, Usaha Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA) Sugih Mandiri Kecamatan Cicalengka telah memiliki alat mesin pertanian (alsintan) yaitu delapan unit traktor roda dua beserta implemennya. Akan tetapi kegiatan pertanian secara mekanis belum dapat diterapkan secara optimal karena beberapa kendala. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efisiensi kinerja pengolahan tanah secara manual dan mekanis. Metode yang digunakan adalah survei dengan melakukan pengukuran kinerja dan kelayakan finansial pengolahan tanah secara langsung. Pengolahan tanah dilakukan secara manual menggunakan tenaga manusia (cangkul) dan tenaga kerbau, sedangkan pengolahan tanah secara mekanis dilakukan menggunakan traktor roda dua. Hasil penelitian menunjukan efisiensi kinerja pengolahan tanah untuk sumber tenaga cangkul, kerbau, dan traktor roda dua masing-masing sebesar 45.556%, 29.977%, dan 56.21%.


Keywords


Efisiensi Kinerja; pengolahan tanah; manual; mekanis

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik (BPS), Luas Panen dan Produksi Padi di Jawa Barat. BPS Provinsi Jawa Barat, 2018.

Muanah, “Pendekatan Ergonomi Ekonomika Untuk Perancangan Optimal Tenaga Kerja dan Mekanisasi Produksi Beras (Studi Komparasi Padi Sawah Organik dan Konvensional)”, Bogor. Departemen Teknik Mesin dan Biosistem Institut Pertanian Bogor, 2018.

Aldillah, R, “Kinerja Pemanfaatan Mekanisasi Pertanian dan Implikasinya Dalam Upaya Percepatan Produksi Pangan di Indonesia”. Jurnal Edisi 34 No.2 163-177. Pusat Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, 2016.

Sadewo, W.B., “Kinerja Pemanenan Padi dengan Sabit, Paddy Mower, dan Combine Harvester pada Sistem Tanam Jajar Legowo”, Bogor. Departemen Teknik Mesin dan Biosistem Institut Pertanian Bogor, 2018.

Dinas Pertanian Kabupaten Bandung, Luas dan Produksi Tanaman Padi Menurut Desa di Kecamatan Cicalengka. Dilihat 27 September 2019. https://distan.bandungkab.go.id/ komoditas. 2016.

Rizaldi, T. Mesin Peralatan. Departemen Teknologi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, 2006.

Sinaga, G., “Pola Pengolahan Tanah pada Lahan Sawah Menggunakan Traktor Tangan Bajak Rotari di Kecamatan Pangkalan Susu”, Medan. Program Studi Teknik Pertanian. Universitas Sumatera Utara, 2014.

Sembiring, E.N. Suastawa, I. N., Hermawan,W., “Konstruksi dan Pengukuran Kinerja Traktor Pertanian”, Bogor Teknik Pertanian. Fateta. Institut Pertanian Bogor, 2000.

Yudistira A., “Pertumbuhan Padi (Oriza sativa L.) pada berbagai Metode Pelumpuran Tanah di Kabupaten Ciamis dan Pemerintahan Kota Banjar Propinsi Jawa Barat”, Bogor. Fakultas Teknologi Pertanian, Institut

Pertanian Bogor, 2004.

Sinaga, D. R, “Kapasitas Lapang, Efisiensi dan Tingkat Pelumpuran Pengolahan Tanah Sawah Di Kelurahan Situgede, Kecamatan Bogor Barat”, Bogor. Departemen Teknik Mesin dan Biosistem Institut Pertanian Bogor, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.jkptb.2020.008.01.01

Refbacks

  • There are currently no refbacks.