RANCANG BANGUN SISTEM KENDALI PENGEMAS KEDELAI SEMI OTOMATIS

Authors

  • Guyup Mahardhian Dwiputra Universitas Mataram
  • Diah Ajeng Setiawati Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.jkptb.2019.007.02.1

Keywords:

Kata kunci, sistem kendali, arduino, tempe, hopper

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, akhir - akhir ini bidang elektronika mengalami kemajuan yang pesat. Hampir peralatan elektronik di buat dengan canggih untuk mempermudah pekerjaan manusia. Penelitian ini bertujuan merancang bangun alat alat sistem kendali pengemas kedelai semi otomatis. Metodologi penelitian ini bersifat eksperimental dengan pendekatan desain struktural dan fungsional sistem kendali. Alat yang digunakan antara lain sensor load cell, modul HX711, LCD, arduino UNO sedangkan bahan yang digunakan adalah campuran kedelai dengan ragi tempe. Hasil penelitian ini menunjukkan sistem ini mampu membaca massa benda dengan akurat dengan standar devaiasi 6,4  dan dapat di baca melalui LCD. Sistem pengendalian juga telah bekerja dengan baik sesuai dengan set poin yang telah ditetapkan sebesar 3 kg pintu hopper akan tertutup.

References

BPS, 2017. Mataram Dalam Angka. Badan Pusat Statistik Provinsi Nusa Tenggara Barat

Nugraha, Dimas Agung, 2017. Timbangan Gantung Digital Dengan Sensor Hx711 (Load Cell) Berbasis Arduino Uno. Program Studi D3 Metrologi Dan Instrumentasi Departemen Fisika Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sumatera Utara Medan

Jaenal Arifin, 2006, Model Timbangan Digital Menggunakan Load Cell Berbasis Mikrokontroler AT89S51, Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Semarang.

Ekavian, Ahmad Jamiluddin Septya, Rizka Zulfiyani, Royand, Zamil Aulia Rachman, Samuel Beta. 2017. Modul Timbangan Benda Digital Dengan Led Rgb Dan Dfplayer Mini Sebagai Indikator. Program Studi Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang

Komar, N, Hawa, L.C, dan Maarif, Y.A. 2016. Desain Kontrol Otomatis Suhu Dan Kelembaban Pada Ruangan Jamur Tiram (Pleurotusostreatus) Menggunakan MK AT-89S52.Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem. Vol 4 No.2: 142-147.

Maulana, Iqbal. 2014. Motor Servo DC. Skripsi. Bandung: Program Studi Teknik Otomasi Industri Jurusan Elektro Politeknik Negeri Bandung.

Susilo, B, Hermanto, M.B, dan Nainggolan, Y. 2016. Rancang Bangun Alat Ukur Kadar Air Chips Singkong (Manihot Esculenta) dengan Prinsip Frekuensi ke Tegangan.Jurnal Keteknikan Pertanian Tropis dan Biosistem. Vol 4 No.3: 199-206.

Downloads

Published

2019-09-19

Issue

Section

Bahasa Indonesia Articles