PENGARUH METODE PENGERINGAN TERPHADAP KARAKTERISTIK KUPASAN KEMIRI (Aleurites moluccana.L Willd)

Authors

  • Bambang Dwi Argo Brawijaya University
  • Sumardi Hadi Sumarlan Universitas Brawijaya
  • Asdin . Universitas Brawijaya

Abstract

Buah kemiri (Aleurites moluccana Willd), mempunyai nilai ekonomis yang baik. Biji kemiri banyak digunakan masyarakat sebagai bumbu masak atau diambil minyaknya untuk keperluan industri, seperti bahan baku pembuat pernis, sabun, kosmetika, dan obat-obatan. Selama ini, proses pengolahan kemiri yang dilakukan petani masih sederhana, yaitu pengeringan di bawah sinar matahari dan pengupasan dengan rotan. Hal ini mengakibatkan hasil kupasan kemiri banyak yang pecah sehingga harga jual kemiri menjadi rendah. Penelitian ini merupakan  studi tentang perbandingan efektivitas pengeringan kemiri antara pengeringan dengan mesin pengering dan pengeringan sinar matahari dalam menghasilkan kupasan kemiri utuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pangeringan dengan mesin pengering memberikan hasil yang lebih baik daripada pengeringan dengan sinar matahari. Persentase kemiri utuh yang dikupas melalui pengeringan dengan mesin pengering sebesar 20,2% (7 kg) dari 34,5 kg kemiri yang dipecahkan, sedangan dengan sinar matahari 1,5% (0,5 kg) dari 33,25 kg kemiri. Kemiri pecah kulit sebesar 43,4% (15 kg) dengan mesin pengering dan 3% (1 kg) dengan sinar matahari. Kemiri terbelah dua sebesar 10,1% (3,5 kg) dengan mesin pengering 12,7% (4,25 kg) dengan sinar matahari. Kemiri tidak pecah sebesar 26% (9 kg) dengan mesin pengering dan 75,1% (25 kg) dengan sinar matahari.

References

Koji, T. 2000. Kemiri(Aleurites moluccana) and Forest Resource Management in Eastern

Indonesia: An Eco-historical Perspective. Journal of Antropologi Indonesia. www.Asafas.Kyoto.ac.jp

Rakhmadiono, S. 1993. Laporan Penelitian Kajian dan Rekayasa Unit Mesin Pemroses Buah kemiri (Aleurites moluccana L Willd) dari Aspek Teknologi Tepat Guna. Pusat Penelitian UNIBRAW. Malang.

Sunanto, H. 1994. Budidaya Kemiri Komuditas Ekspor. Kanisius

Yogyakarta. Taib, G. Gumbira Said, dan Sutedja Wiraatmaja. 1988. Operasi Pengeringan pada Pengolahan Hasil Pertanian. Mediyatama Sarana Perkasa. Jakarta.

Downloads

Published

2018-03-16

Issue

Section

Bahasa Indonesia Articles