Analisa Rasio Massa Rimpang Kunyit ( Curcuma longaL.) dan Daun Asam Sinom (Tamarindus indica L.) pada Proses Produksi Bubuk Sinom Legen di PT. Petrokimia Gresik

Authors

  • Dheniz Fajar Akbar Universitas Brawijaya
  • Sumardi Hadi Sumarlan Universitas Brawijaya
  • Bambang Susilo Universitas Brawijaya

Keywords:

Daun Sinom, Formulasi, Produksi Bubuk Minuman Sinom Legen, Rimpang Kunyit

Abstract

Minuman sinom adalah minuman yang diproduksi menggunakan bahan baku rimpang kunyit (Curcuma longa) dan daun asam (Tamarindus indica L.). Guna memproduksi minuman sinom yang memiliki kandungan antioksidan, total fenol, dan kadar vitamin C yang tinggi serta bertambahnya umur simpan maka perlu dilakukan penelitian mengenai analisis produksi minuman sinom bubuk dengan proses ekstraksi pada rimpang kunyit dan bagian pucuk daun asam atau sinom serta mempertimbangkan formulasi kombinasi rimpang kunyit dan daun sinom yang digunakan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh formulasi rimpang kunyit dan daun sinom yang digunakan terhadap rendemen, kapasitas antioksidan, total fenol, kadar vitamin C, serta atribut sensoris pada ekstrak. Selain itu juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh perlakuan Foam Mat Drying terhadap rendemen bubuk minuman sinom legen. Hasil uji seluruh sampel diamati menggunakan analisa sidik ragam ANOVA dan uji lanjut BNT dengan taraf kepercayaan 5%. Pada hasil pengujian organoleptik dilakukan analisa sidik ragam (ANOVA) dengan General Linear Model (GLM) dan analisa lanjut dengan Uji BNT. Dalam menentukan perlakuan terbaik yaitu formulasi rimpang kunyit dan daun sinom terbaik dalam produksi minuman sinom legen dilakukan analisa Multiple Attribute. Berdasarkan hasil penelitian, rendemen tertinggi diperoleh pada kode taraf KD3, kapasitas antioksidan tertinggi diperoleh pada KD4, serta total fenolik dan kadar vitamin C tertinggi diperoleh pada KD6. Berdasarkan hasil analisa Multiple Attribute diperoleh perlakuan terbaik yaitu pada formulasi dengan kode taraf KD4 yang menghasilkan rendemen sebesar 84,817%, kapasitas antioksidan 489,416 mg/ml, total fenol 12,98 mg/100 ml, serta vitamin C 1,329 mg/100 ml.

Kata kunci: Daun Sinom, Formulasi, Produksi Bubuk Minuman Sinom Legen, Rimpang Kunyit

References

Ahmed, T., S. A. Enam., and AH Gilani. 2010. Curcuminoids Enhance Memory in an Amyloid-infused Ratmodel of Alzheimer’s Disease. Neuroscience 169: 1296-1306.

Andarwulan, N., dan Koswara S. 1989. Kimia Vitamin. Dalam Suryani, Lili., Zaini, Mohammad Abbas., dan Yasa, I Wayan Sweca. 2016. Pengaruh Konsentrasi Natrium Metabisulfit dan Metode Pengeringan Terhadap Kadar Vitamin C dan Organoleptik Sale Pisang. Jurnal Ilmu dan Teknologi Pangan Pro Food. 2(1): 85-93.

Asgar, A., dan Musaddad. 2006. Optimalisasi Cara, Suhu, dan Lama Blansing Sebelum Pengeringan Kubis. Jurnal Hortikultura. 16(4): 349-355.

Hartiati, A., S. Mulyani dan S. N. Rahmat. 2012. Pengaruh Komposisi Bagian Rimpang kunyit (Curcuma domestica Val.) dan Waktu Penghancuran Terhadap Kandungan dan Aktivitas

Downloads

Published

2018-07-12

Issue

Section

Bahasa Indonesia Articles