Rancang Bangun Sistem Irigasi dan Pemberian Nutrisi Otomatis Berbasis RTC (Real Time Clock) pada Sistem Hidroponik Nutrient Film Technique (NFT)

Sandra Malin Sutan, Darwin Kadarisman, Saiful Hosni, Fadillah Fadlillah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu Merancang dan menguji sistem pengaturan irigasi dan pemberian nutrisi berbasis Microcontroller ATMEGA 16 pada pertumbuhan tanaman pak choy (Brassica chinensis L). Adapun Parameter yang diuji meliputi tinggi tanaman, jumlah daun, diameter bonggol, berat basah tanaman dan berat kering tanaman. Pengamatan tinggi tanaman dan jumlah daun dilakukan setelah tanaman berumur pak choy berumur 14 HST (Hari Setelah Tanam) sedangkan diameter bonggol, berat basah tanaman dan berat kering tanaman pada saat panen. Selain itu akan dilakukan pegujian larutan nutrisi dilakukan pada setiap hari pada kedua perlakuan dengan menggunakan alat EC (electro conductivity). Sistem irigasi dilakukan secara otomatis dengan sistem on dan off. Secara keseluruhan sistem irigasi dan pemberian nutrisi otomatis menggunakan timer RTC DS1307 dengan microkontroler 16 pada budidaya pakcoy masih belum terkoordinasi dengan baik. Pada pengamatan pertumbuhan tanaman pak choy yang dilakukan selama 28 hari dengan perlakuan irigasi berbasis otomatis dan perlakuan irigasi secara terus-menerus mununjukkan perlakuan yang terbaik.

Kata kunci : Hidroponik , Nutrient Film Technique (NFT), RTC (Real Time Clock), HST (Hari Setelah Tanam), EC (electro conductivity)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.