Rancang Bangun dan Uji Performansi Mesin Pemintal Sabut Kelapa

Ekoyanto Pudjiono, Musthofa Lutfi, Achmad Anas Thohir

Abstract


Persentasi kandungan dari buah kelapa berbeda-beda tetapi rata-rata adalah sabut 35%, tempurung 12%, daging buah 28% dan air buah 25%. Bagian dari buah kelapa yang seringkali dilupakan adalah sabut kelapa yang merupakan bagian terbesar dari buah kelapa. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membuat mesin pemintal sabut kelapa dan melakukan uji kinerja terhadap rancangan tersebut. Mesin pemintal sabut kelapa yang dirancang terdiri dari beberapa bagian yaitu: sistem transmisi (pulley dan V-belt), rol penggulung (diameter 25 mm dan panjang 450 mm), spindel (diameter 15 mm dengan panjang 250 mm), inverter, tempat bahan (70x200x350 mm), kerangka (900x600x350 mm) dan motor listrik (0,5 HP). Prinsip kerja mesin pemintal sabut kelapa yang dirancang adalah memilin, menggabungkan dan menggulung. Diameter benang yang dihasilkan berkisar antara 2.6 mm sampai 4.5 mm. Kapasitas gaya tarik benang hasil pemintalan terbesar pada putaran motor 160 rpm sebesar 73.17 N. Kemuluran benang hasil pemintalan terbesar terjadi pada putaran motor 220 rpm sebesar 203.11%. Kapasitas kerja tertinggi terdapat pada putaran motor dengan 220 rpm yaitu sebesar 81.6 m/jam dan 426 g/jam.


Full Text:

PDF

References


Maurits, S. 2003. Pemanfaatan Serat Sabut Kelapa. Kelembagaan Perkelapaan di Era Otonomi Daerah. Prosiding Konferensi Nasional Kelapa V. Tembilahan.

Rindengan, B., A. Lay., H. Novarianto., H. Kembuan dan Z. Mahmud. 1995. Karakterisasi Daging Buah Kelapa Hibrida Untuk Bahan Baku Industri Makanan. Laporan Hasil Penelitian. Kerjasama Proyek Pembinaan Kembagaan Penelitian Pertanian Nasional. Departemen Pertanian. Jakarta.

Sinurat, M. 2005. Kinerja Pemintalan Secara Mekanik Untuk Serat Sabut Kelapa. Balai Penelitian Teknologi Karet. Balai Besar Pengembangan

Suhardiyono, D. 1991. Tanaman Kelapa : Budidaya dan Pemanfaatannya. Kanisius. Yogyakarta.

Sulam, Abdul Latif. 2008. Teknik Pembuatan Benang dan Kain. http://bse.depdiknas.go.id/.Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.