Rancang Bangun Alat Ukur Kadar Air Chips Singkong (Manihot Esculenta) dengan Prinsip Frekuensi ke Tegangan

Authors

  • Bambang Susilo Brawijaya University
  • Mochamad Bagus Hermanto Universitas Brawijaya
  • Yenni nainggolan Universitas Brawijaya

Abstract

Kadar air adalah salah satu faktor yang menentukan apakah suatu komoditi layak untuk disimpan atau tidak, apalagi pada jangka waktu yang lama. Perlunya mengetahui kadar air bahan dan produk olahan juga dimaksudkan untuk mendapatkan produk olahan dengan kualitas yang baik. Perancangan alat  terdiri dari dua buah batang stainless stell pejal dengan ukuran 8 cm dan diameter 2 mm, sebagai sensor. Sinyal yang dikuatkan oleh rangkaian pembangkit frekuensi akan diberikan ke batang 2 kemudian akan dilanjutkan ke batang 1. Sinyal yang diterima berupa frekuensi sebesar 1 MHz.  Data frekuensi tersebut dipengaruhi oleh kadar air chips singkong yang dikenakan pada sensor yang diolah menjadi data biner  oleh ADC, kemudian diteruskan ke Mikrokontroler AT89S51 yang juga memproses input ADC untuk ditampilkan dalam LCD. Alat ukur kadar air chips singkong bekerja  berdasarkan frekuensi yang dihantarkan oleh dua batang di mana chips singkong berada di antaranya. Frekuensi akan diubah menjadi tegangan sehingga nilai  tegangan diperoleh berdasarkan frekuensi yang dihantarkan karena perubahan kadar air chips singkong.

References

Achmad, 2003. Pemrograman Bahasa C dengan Turbo C. Kuliah Berseri Ilmu Komputer. IlmuKomputer.com.

Atmel. 2001. AT89S51.ATMEL COORPORATION.SAN JOSE ATMEL Corp, 2003. 8-Bit Microcontroller with 4K bytes In-System Programmable Flash AT89S51.ATMEL.(www.atmel.com).

Bonner, F. T. 1995. Measurement and Management of Tree Seed Moisture. Technical Note. No. 1. Danida Forest Seed Centre

Burhanuddin. 2007. Alat Pengukur Kadar Air Biji Kopi. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Brawijaya.

Daryanto. 2002. Pengetahuan Teknik Elektronika. Jakarta: Bumi Aksara.

Heryanto, Ari M dan Adi P, Wisnu. 2008. Pemrograman Bahasa C untuk Mikrokontroler ATMEGA8535

ISTA. 1999. International Rules for Seed Testing: Rules 1999. Seed Science and Technology; Suplement. Zurich. Switzerland

I Gede Budiarta. 2004. Perancangan dan Pembuatan Alat Pengukur Kadar Air pada Irisan Empon – empon. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Brawijaya.

Downloads

Published

2016-09-26

Issue

Section

Bahasa Indonesia Articles