Uji Kinerja Kompor Spiral Tipe Vertikal Dengan Bahan Bakar Minyak Jelantah

Dian Yulianto, Wahyunanto Agung Nugroho, Bambang Dwi Argo

Abstract


Kebutuhan masyarakat terhadap bahan bakar untuk konsumsi rumah tangga maupun industri yang didominasi oleh gas LPG masih belum dapat terpenuhi. Bumi Indonesia yang memiliki sumber daya alam melimpah telah menyediakan berbagai jenis energi alternatif yang masih belum dimanfaatkan salah satunya yaitu minyak goreng. Sebagai minyak atau lemak, minyak sawit adalah suatu trigliserida, yaitu senyawa gliserol dengan asam lemak. Minyak jelantah adalah minyak makan hasil penggorengan yang telah digunakan berulang-ulang kali, kebanyakan minyak jelantah sebenarnya merupakan minyak yang telah rusak sehingga tidak baik untuk kesehatan. Minyak yang telah rusak ini dapat diubah menjadi bahan bakar alternatif dengan metode pembakaran secara langsung. Dalam penelitian ini dilakukan uji performansi kompor tekan dengan menggunakan bahan bakar campuran minyak tanah dan jelantah dengan konsentrasi 75%, 90% dan 100%. Performansi kompor dapat diketahui dengan melakukan beberapa pengujian antara lain: lama penyalaan, tekanan minimal, waktu operasi, laju konsumsi bahan bakar, panas sensibel, panas laten, input energi panas dan efisiensi termal. Pada masing-masing proses pengujian dilakukan ulangan sebanyak tiga kali. Pengujian kinerja kompor menggunakan bahan bakar 100% minyak jelantah didapatkan hasil lama penyalaan 11 menit, tekanan optimal 4 bar, laju konsumsi bahan bakar 0,375 kg jam-1 dan efisiensi termal 36,99%. Hasil pengujian menggunakan bahan bakar 90% minyak jelantah membutuhkan lama penyalaan selama 10,85 menit, tekanan optimal 5 bar, laju konsumsi bahan bakar 0,4 kg jam-1 dan efisiensi termal 29,7%. Hasil pengujian menggunakan bahan bakar 75% minyak jelantah diperoleh lama penyalaan sebesar 7,62 menit, tekanan optmal 4 bar, laju konsumsi bahan bakar 0,968 kg jam-1 dan efisiensi termal 20,53%

Kata Kunci: Bahan Bakar, Minyak Sawit, Performansi


Full Text:

PDF

References


Alamsyah, A.N. 2005. Mengenal Lebih Dekat Virgin Coconut Oil. Agromedia Pustaka. Cet-1. Jakarta.

Darmanto, S., Ireng, S.A. 2006. Analisa Minyak Kelapa Sebagai Bahan Bakar Alternatif Minyak Diesel. Traksi 4 (2): 64

Fuadi. A., Febrina L. dan Krisdianto, D. 2010. Pemurnian Minyak Jelantah Dengan Menggunakan Ampas Tebu Sebagai Absorben. Jurnal Teknik Kimia Vol. 17 No.1. Universitas Sriwijaya.

Graco, Daywin. 1995. Combustion Science and Engineering. Boersedruck Ges. m. b. h. Vienna.

Kenneth dan Kuan-yun Kuo. 1986. Principle of Combustion. John Wiley & Sons

Pardede, Mada. 2006. Uji Karakteristik Minyak Nyamplung dan Aplikasinya Pada Kompor Tekan. Jurnal Keteknikan Pertanian Vol. 2 No.1 Institut Pertanian Bogor.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.